pengantar studi islam

Posted: Oktober 4, 2010 in Uncategorized

PENGERTIAN KEBUDAYAAN.

Kebudayaan Menurut Edward B. Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Sedangkan menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan yang mana akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat

  1. Pengertian kebudayaan-kebudayaan Islam :
    1. Kebudayaan adalah hasil daya manusia dengan menggunakan dan mengarahkan segenap potensi batin yang dimilikinya yang digunakan sebagai kerangka acuan (Blueprint) dalam menjawab berbagai masalah yang dihadapi (Metodologi Studi Islam, Abudin Nata, 1998, 49)
    2. Kebudayaan adalah hasil cipta, karya dan karsa manusia. Cipta menghasilkan filsafat / ilmu-ilmu pengetahuan. Karya menghasilkan tehnologi / kebudayaan kebendaan. Rasa + Karsa menghasilkan norma / kaidah etika – estetika (Metodologi Studi Islam, Atang Abd Hakim, 2000, 29)
    3. Menurut A. Fyzeer kebudayaan islam adalah semua produk kebudayaan yang dihasilkan dibawah naungan bantuan pemerintahan muslim (Metodologi Studi Islam, Atang Abd Hakim, Atang Abd Hakim, 39-43)
    4. Menurut Soenarjo Kolopaking ; Kebudayaan / Culture : totalitet dari pada milik dan hasil usaha (prestatic) manusia yang diciptakan oleh kekuatan jiwanya dan oleh proses saling mempengaruhi antar kekuatan jari manusia yang satu dengan yang lain (Wawasan Islam, Endang Saifuddin, 89)
    5. Rumusan musyawarah antar seniman budayawan islam ; Kebudayaan ialah manifestasi dari ruh, zauq, iradah dan amal (cipta, rasa, karsa, dan karya) dalam seluruh sesi kehidupan insani sebagai fitrah ciptaan karunia Allah (Wawasan Islam, Endang Saifuddin, 91)

Tingkatan Kebudayaan (Culture)

Super Culture       à Sistem mata pencaharian (C. Universal)

Culture                  à Pertanian (C. Activity)

Sub Culture – Counter Culture   à Pengolahan tanah (Trait Complec)   à dengan bajak / traktor (items c)

  1. Culture Islam dalam jual beli :

Jual beli                            à Super Culture

Jual beli pupuk                 à Culture

Jual beli pupuk pabrik    à Sub Culture

Jual beli kotoran hewan à Counter Culture

penulis : muchamad abd azisluby

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s